-->

Mesin Pembuat Rokok

Pada kesempatan kali ini Mesin Pedia akan mengulas tentang Mesin pembuat rokok. Akhir-akhir ini di Indonesia sedang "memanas" atas isu kenaikan harga rokok. Rokok yang menjadi komoditi dan salah satu produk paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Pengertian Rokok



Rokok adalah barang yang berbentuk silinder dan terbuat dari kertas yang berukuran panjang antara 70 hingga 120 milimeter, berisikan campuran antara daun tembakau yang telah dicacah dengan cengkeh. Sehingga bila disulut dengan api akan mengeluarkan asap. (://id.wikipedia.org/wiki/Rokok)

Rokok memiliki beberapa jenis, hanya saja yang membedakan adalah bahan pembungkus, bahan baku dan penggunaan filter. Serta dapat dilihat dari kadar nekotin dan tar.


Macam Macam Rokok Berdasarkan Bungkus

  1. Rokok Klobot adalah rokok yang dibungkus dengan menggunakan kulit jagung kering.
  2. Rokok Kawung adalah rokok yang terbungkus dan dibuat dengan menggunakan daun aren.
  3. Rokok Sigaret adalah rokok yang dibungkus dengan menggunakan kertas, dan
  4. Rokok Cerutu adalah rokok yang terbungkus dengan daun tembakau.


Komposisi Rokok

  • Bidis: Tembakau yang digulung dengan daun temburni kering dan diikat dengan benang. Tar dan karbon monoksidanya lebih tinggi daripada rokok buatan pabrik. Biasanya ditemukan di Asia Tenggara dan India.
  • Cigar: Dari fermentasi tembakau yang diasapi, digulung dengan daun tembakau. Adaberbagai jenis yang berbeda di tiap negara. Yang terkenal dari Havana, Kuba.
  • Kretek: Campuran tembakau dengan cengkeh atau aroma cengkeh berefek mati rasa dan sakit saluran pernapasan. Jenis ini paling berkembang dan banyak di Indonesia.
  • Tembakau langsung ke mulut atau tembakau kunyah juga biasa digunakan di AsiaTenggara dan India. Bahkan 56 persen perempuan India menggunakan jenis kunyah. Adalagi jenis yang diletakkan antara pipi dan gusi, dan tembakau kering yang diisap dengan hidung atau mulut.
  • Shisha atau hubbly bubbly: Jenis tembakau dari buah-buahan atau rasa buah-buahan yang disedot dengan pipa dari tabung. Biasanya digunakan di Afrika Utara, Timur Tengah, dan beberapa tempat di Asia. Di Indonesia, shisha sedang menjamur seperti dikafe-kafe.

Mesin Pembuat Rokok

Mesin untuk membuat rokok dapat dikategorikan menjadi dua yaitu otomatis dan manual.

1. Mesin pembuat Rokok Manual Mesin untuk membuat rokok manual ini dapat disebut dengan sigaret kretek tangan (SKT), rokok yang dibuat dengan mesin ini sangat mudah dan banyak dilakukan oleh orang jaman dahulu di Indonesia. Biasanya mereka menggunakan klobot (kulit jagung kering) untuk digiling menggunakan tangan tanpa menggunakan alat bantu lain.

2. Mesin pembuat Rokok Otomatis Mesin pembuat rokok otomatis dikenal dengan Sigaret Kretek Mesin (SKM), rokok yang terbuat dengan mesin ini untuk diedarkan kepasaran dan telah di pak, untuk setiap paknya memiliki kapasitas 10 hingga 20 batang. Ciri dari rokok yang dihasilkan oleh mesin otomatis memiliki lingkar pangkal dan ujung pangkal sama besar serta terbungkus rapi oleh kertas.

Demikian informasi tentang mesin pembuat rokok, semoga infromasi ini berguna dan bermanfaat. Sebagai anjuran Merokok dapat merusak kesehatan anda maka kurangi dan hentikan mulai sekarang. Stop Merokok.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami lewat email sanjayaenator@gmail.com
Related Posts
Disqus Comments